Kenapa Namanya Paris Van Java?




          Bandung termasuk kota yang modern di Indonesia, satu-satunya kota yang memiliki banyak perguruan tinggi negeri maupun swasta,
seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Padjajaran, dan UIN. Hampir semua universitas di Bandung memiliki kualitas yang baik di Indonesia, makannya banyak orang dari penjuru nusantara datang ke Bandung untuk belajar. Disamping itu, di Bandung juga terdapat banyak sekali kendaraan yang kadang menyebabkan kemacetan. Walau Bandung adalah kota terbesar ke-4 di Negara tercinta kita, ternyata Bandung merupakan kota terpopuler ke-2 setelah Jakarta.

       Bandung adalah salah satu kota tersibuk dan terpadat di Indonesia. Bahkan pernah ada isu yang beredar bahwa suatu saat nanti Bandung akan dijadikan sebagai ibukota Negara tercinta kita ini. Tapi itu baru isu, namun ada sebuah fakta unik tentang Bandung, dulu Bandung pernah terkenal dengan sebutan Paris Van Java yang konon katanya dulu Bandung terkenal dengan keindahan alam dan kesejukan udaranya, suasana itu sangat disenangi orang-orang kolonial dan karena itulah Bandung dikenal sebagai kota parisnya pulau jawa.
Tapi, apa kondisi Bandung yang sekarang masih bisa dikatakan indah dan sejuk? Mungkin untuk beberapa tempat, dapat dikatakan tidak. Tapi tidak semuanya, di Bandung masih banyak beberapa tempat yang indah dan sejuk. Kebanyakan tempat-tempat tersebut berada jauh dari keramaian kota, hampir dapat dikatakan di sudut-sudut kota, yang jauh dari polusi, jauh dari kendaraan, dan orang-orangnya pun masih cinta pada alam.

          Ada informasi lain kawan, ternyata Bandung juga terkenal dengan fashionnya. Hal ini juga lah yang menjadi salah satu penyebab Bandung dijuluki sebagai kota Parisnya pulau Jawa karena orang-orang Paris, Perancis memang dikenal baik oleh dunia sebagai kota fashion. Banyak orang dari kota tetangga menyempatkan mampir ke Bandung hanya untuk melihat fashion yang sedang trend.  Selain fashionnya yang keren, ternyata mojang-mojang Bandung pun terkenal dengan kecantikannya. Apa ya rahasianya?

           Kuliner di Bandung juga patut diacungi jempol,  ada banyak pilihan jajanan menarik mulai dari es dawet, lotek, colenak, peyeum, batagor, surabi, dan masih banyak makanan nikmat lainnya. (Jadi ngiler, pokonya maknyoos). 
         Dari segi teknologi, kemajuan teknologi kota Paris Van Java ini pun cukup baik, akses internet dapat dilakukan dengan cukup mudah, dan beberapa komunitas pecinta blog pun kian bermunculan. Semoga kondisi teknologi saat ini dapat terus dipertahankan, bahkan jika bisa terus ditingkatkan. 
       Seluruh perbedaan dan kelebihan yang ada di kota Bandung, seluruh warisan peninggalan leluhur kota Bandung, itulah yang menjadikan Bandung berwarna dan tampak indah. 

Bandung kota Kembang, Bandung kota Paris Van Java.
Cageur, Bageur,  Singer, Pinter, Bener.




1 comment:

What do you think about this blog?