Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembelajaran

        Saat proses belajar dapat terjadi berbagai hambatan, itulah salah satu bunyi dari prinsip pembelajaran.
Untuk dapat mengetahui dan mengatasi hambatan-hambatan maka kita harus berfikit mengenai faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi suatu proses belajar dan pembelajaran.
Setelah mengetahui berbagai prinsip pembelajaran, kita dapat menganalisa lebih jauh mengenai factor-faktor yang dapat berpengaruh pada saat proses belajar.
 
      Di prinsip-prinsip pembelajaran kita mengetahui bahwa belajar membutuhkan proses, interaksi, motivasi, lingkungan, dll. Kali ini kita akan bahas dalam konteks factor-faktor yang dapat berpengaruh saat proses belajar dan pembelajaran. Faktor-faktor tersebut adalah:

1.      Faktor Individu/Internal

1)      Keadaan tonus jasmani. Apabila seorang individu berada dalam keadaan yang kurang sehat maka proses belajar akan sedikit terhambat. Berbeda halnya dengan seseorang yang dalam keadaan sehat akan dapat melakukan proses pembelajaran dengan lebih efektif.

2)      Keadaan fungsi jasmani. Ini berkaitan dengan fungsi alat tubuh seseorang, seperti pengelihatan, pendengaran, lisan, dll yang keberadaannya sangat berpegnaruh saat proses belajar.

3)      Keadaan psikologis. Ini sangat erat kaitannya dengan beberapa hal dibawah ini:
(a)    IQ atau kecerdasan siswa
     IQ adalah kecerdasan bawaan yang dimiliki oleh seseorang. IQ biasanya mengindikasikan kecepatan menghitung dan pemahaman materi yang diajarkan.
(b)   Motivasi Belajar siswa
      Motivasi akan sangat berpengaruh bagi setiap siswa, karena motivasi salah satu fungsinya adalah mendorong atau menggerakkan jiwa kita sehingga mau melakukan sesuatu.
(c)    Minat
        Hal yang disenangi akan mendorong siswa untuk belajar.Faktor lain yang mempengaruhi belajar dan pembelajaran adalah sikap, bakat, dll.
2.      Faktor Eksternal

1)      Lingkungan
·         -Lingkungan tempat siswa belajar
·         -Lingkungan tempat siswa tinggal
·         -Lingkungan keluarga

2)      Materi yang dipelajari
Tignkat kesulitan materi yang dipelajari akan dapat mempengaruhi factor internal siswa dalam belajar.
3)      Pengajar/guru
Pengajar memegang peranan yang penting bagi keberhasilan belajar siswa, karena peran guru tak akan bisa digantikan dalam proses pembelajaran. Adapun peran guru adalah sebagai pengajar yang ahli, motivator, mengelola siswa dan lingkungan belajar, sebagai sosok yang mempengaruhi anak didik,memberikan nasihat pada anak didik, dan mempermudah anak didik dalam belajar.

Sumber:

0 komentar:

Post a Comment

What do you think about this blog?