Pengertian Pembelajaran dan Mengajar serta Hubungan Keduanya



           Mengajar dan Pembelajaran merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan. Mengapa demikian? Sebelum saya menjelaskan alasannya, lebih baik kita bahas apa itu mengajar dan pembelajaran terlebih dulu.

Berikut ini pendapat beberapa ahli mengenai mengajar:

11)      Jerome S. Brunner
Jerome S. Brunner menjelaskan bahwa mengajar adalah menyajikan ide, problem atau pengetahuan dalam bentuk yang sederhana sehingga dapat dipahami oleh siswa.

22)      Nasution
Nasution menjelaskan bahwa mengajar adalah suatu aktivitas mengorganisasi atau mengatur lingkungan sebaik – baiknya dan menghubungkan dengan anak, sehingga terjadilah proses belajar mengajar.

33)      Tyson dan Caroll
menjelaskan bahwa mengajar adalah sebuah cara dan sebuah proses hubungan timbal balik antara guru dengan siswa yang sama – sama aktif melakukan kegiatan.

44)      Tordif berpendapat bahwa mengajar adalah perbuatan yang dilakukan oleh seseorang (guru) dengan tujuan membantu dan memudahkan orang lain (siswa) untuk melakukan kegiatan belajar.

55)      Gage,1978
Mengajar adalah suatu seni, akan tetapi itu hanya dalam prakteknya saja untuk memperindah estetika penampilan, misalnya seni dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan siswa, seni mengatur lingkungan agar siswa senang belajar, seni membangkitkan motivasi dan lain sebagainya.


66)      Roymond.H.Sinamora
Mengajar merupakan suatu perilaku yang kompleks. Perilaku mengajar yang kompleks dapat ditafsirkan sebagai penggunaan secara integratif sejumlah komponen yang terdapat dalam tindakan mengajar untuk menyampaikan pesan pengajaran.

77)      W.Gulo
Mengajar adalah usaha untuk menciptakan sistem lingkungan yang emmungkinkan terjadinya proses belajar itu secara optimal.
Kita dapat menemukan beberapa hal ketika sedang melakukan atau memperhatikan kegiatan mengajar, seperti akan adanya pembicaraan mengenai ilmu, ide, permasalahan baik yang terjadi dalam lingkungan sekitar maupun dalam lingkungan yang lebih spesifik atau pun yang lebih luas, adanya proses komunikasi antara pengajar(guru) dengan peserta didik (siswa), terjadinya pemebrian motivasi dan pengendalian lingkungan belajar oleh guru, dan sebagainya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mengajar bukan hanya sekedar transfer ilmu, namun lebih dari itu, sebagian ahli bahkan mengatakan bahwa mengajar bukanlah ilmu, melainkan seni.
Seperti yang diungkapkan Andri H, berpendapat bahwa mengajar adalah salah satu bentuk komunikasi dengan tingkat kompleksitas yang cukup tinggi. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa mengajar merupakan sebuah seni, sekaligus sebuah ilmu pengetahuan yang dapat dilatih serta dipelajari. Pendapat Andri H juga hampir sama intinya dengan pendapat yang telah diungkapkan oleh Gage, 1978 yang menyatakan bahwa mengajar adalah suatu seni, akan tetapi itu hanya dalam prakteknya saja untuk memperindah estetika penampilan, misalnya seni dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan siswa, seni mengatur lingkungan agar siswa senang belajar, seni membangkitkan motivasi dan sebagainya.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa belajar merupakan kegiatan kompleks yang memungkinkan terjadinya transfer pengetahuan, membangkitkan motivasi, komunikasi, dan dalam prakteknya belajar merupakan sebuah seni sedangkan dalam suatu keadaan mengajar juga merupakan ilmu yang bisa dikuasai melalui latihan dan belajar.
Sedangkan pengertian pembelajaran menurut para ahli adalah:
11)      Knowles
Knowles menjelaskan bahwa pembelajaran adalah cara pengorganisasian peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan

22)      Woolfolk
Pembelajaran berlaku apabila sesuatu pengalaman secara relatifnya menghasilkan perubahan kekal dalam pengetahuan dan tingkah laku

33)      A. Chalil
Mengatakan bahwa pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar

44)      Corey
Corey menjelaskan bahwa pemebelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus

55)      Munif C
Munif C mengatakan bahwa pembelajaran adalah proses transfer ilmu dua arah, antara guru sebagai pemberi informasi dan siswa sebagai penerima informasi

Dari beragam definisi para ahli, kita dapat menganalisis inti dari pembelajaran yang berusaha dikemukakan oleh para ahli tersebut. Dari kelima pengertian para ahli, terdapat kesamaan konsep mengenai pembelajaran, yaitu kegiatan interaksi pendidik dengan peserta didik yang terorganisir atau terencana yang bertujuan untuk memberikan informasi-informasi kepada peserta didik sehingga muncul pengalaman belajar yang baru yang diharapkan berujung pada perubahan tingkah laku menjadi lebih baik.

Nah, kawan… Hubungan dari mengajar dan pembelajaran sudha mulai terlihat, bila tujuan dari pembelajaran adalah mengubah sikap atau perilaku individu serta membekali individu dengna beragam informasi baru, maka mengajar adalah salah satu fasilitas utama dalam pencapaian tujuan pembelajaran.

Sekian dulu ya kawan, pembahasan saya mengenai pengertian pembelajaran dan mengajar. Serta bonus penjelasan mengenai hubungan mengajar dan pembelajaran. Semoga Bermanfaat ^^

0 komentar:

Post a Comment

What do you think about this blog?