Mengajar dan Pembelajaran merupakan
satu kesatuan yang tak terpisahkan. Mengapa demikian? Sebelum saya menjelaskan
alasannya, lebih baik kita bahas apa itu mengajar dan pembelajaran terlebih
dulu.
Berikut ini pendapat beberapa ahli
mengenai mengajar:
11)
Jerome S. Brunner
Jerome
S. Brunner menjelaskan bahwa mengajar adalah menyajikan ide, problem atau
pengetahuan dalam bentuk yang sederhana sehingga dapat dipahami oleh siswa.
22)
Nasution
Nasution
menjelaskan bahwa mengajar adalah suatu aktivitas mengorganisasi atau mengatur
lingkungan sebaik – baiknya dan menghubungkan dengan anak, sehingga terjadilah
proses belajar mengajar.
33) Tyson dan Caroll
menjelaskan bahwa mengajar adalah
sebuah cara dan sebuah proses hubungan timbal balik antara guru dengan siswa
yang sama – sama aktif melakukan kegiatan.
44) Tordif berpendapat bahwa mengajar
adalah perbuatan yang dilakukan oleh seseorang (guru) dengan tujuan membantu
dan memudahkan orang lain (siswa) untuk melakukan kegiatan belajar.
55) Gage,1978
Mengajar adalah suatu seni, akan tetapi itu hanya dalam prakteknya saja untuk memperindah estetika penampilan, misalnya seni dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan siswa, seni mengatur lingkungan agar siswa senang belajar, seni membangkitkan motivasi dan lain sebagainya.
Mengajar adalah suatu seni, akan tetapi itu hanya dalam prakteknya saja untuk memperindah estetika penampilan, misalnya seni dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan siswa, seni mengatur lingkungan agar siswa senang belajar, seni membangkitkan motivasi dan lain sebagainya.
66) Roymond.H.Sinamora
Mengajar merupakan suatu perilaku yang kompleks. Perilaku mengajar yang kompleks dapat ditafsirkan sebagai penggunaan secara integratif sejumlah komponen yang terdapat dalam tindakan mengajar untuk menyampaikan pesan pengajaran.
Mengajar merupakan suatu perilaku yang kompleks. Perilaku mengajar yang kompleks dapat ditafsirkan sebagai penggunaan secara integratif sejumlah komponen yang terdapat dalam tindakan mengajar untuk menyampaikan pesan pengajaran.
77) W.Gulo
Mengajar adalah usaha untuk menciptakan sistem lingkungan yang emmungkinkan terjadinya proses belajar itu secara optimal.
Mengajar adalah usaha untuk menciptakan sistem lingkungan yang emmungkinkan terjadinya proses belajar itu secara optimal.
Kita dapat menemukan
beberapa hal ketika sedang melakukan atau memperhatikan kegiatan mengajar,
seperti akan adanya pembicaraan mengenai ilmu, ide, permasalahan baik yang
terjadi dalam lingkungan sekitar maupun dalam lingkungan yang lebih spesifik
atau pun yang lebih luas, adanya proses komunikasi antara pengajar(guru) dengan
peserta didik (siswa), terjadinya pemebrian motivasi dan pengendalian
lingkungan belajar oleh guru, dan sebagainya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
mengajar bukan hanya sekedar transfer ilmu, namun lebih dari itu, sebagian ahli
bahkan mengatakan bahwa mengajar bukanlah ilmu, melainkan seni.
Seperti yang diungkapkan Andri
H, berpendapat bahwa mengajar adalah salah satu bentuk komunikasi dengan
tingkat kompleksitas yang cukup tinggi. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa
mengajar merupakan sebuah seni, sekaligus sebuah ilmu pengetahuan yang dapat
dilatih serta dipelajari. Pendapat Andri H juga hampir sama intinya dengan
pendapat yang telah diungkapkan oleh Gage, 1978 yang menyatakan bahwa mengajar
adalah suatu seni, akan tetapi itu hanya dalam prakteknya saja untuk
memperindah estetika penampilan, misalnya seni dalam berinteraksi dan
berkomunikasi dengan siswa, seni mengatur lingkungan agar siswa senang belajar,
seni membangkitkan motivasi dan sebagainya.
Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa belajar merupakan kegiatan kompleks yang memungkinkan
terjadinya transfer pengetahuan, membangkitkan motivasi, komunikasi, dan dalam
prakteknya belajar merupakan sebuah seni sedangkan dalam suatu keadaan mengajar
juga merupakan ilmu yang bisa dikuasai melalui latihan dan belajar.
Sedangkan pengertian pembelajaran
menurut para ahli adalah:
11) Knowles
Knowles menjelaskan bahwa
pembelajaran adalah cara pengorganisasian peserta didik untuk mencapai tujuan
pendidikan
22) Woolfolk
Pembelajaran berlaku apabila
sesuatu pengalaman secara relatifnya menghasilkan perubahan kekal dalam
pengetahuan dan tingkah laku
33) A. Chalil
Mengatakan bahwa pembelajaran adalah
proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu
lingkungan belajar
44) Corey
Corey menjelaskan bahwa
pemebelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja
dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam
kondisi-kondisi khusus
55) Munif C
Munif C mengatakan bahwa pembelajaran
adalah proses transfer ilmu dua arah, antara guru sebagai pemberi informasi dan
siswa sebagai penerima informasi
Dari beragam definisi
para ahli, kita dapat menganalisis inti dari pembelajaran yang berusaha
dikemukakan oleh para ahli tersebut. Dari kelima pengertian para ahli, terdapat
kesamaan konsep mengenai pembelajaran, yaitu kegiatan interaksi pendidik dengan
peserta didik yang terorganisir atau terencana yang bertujuan untuk memberikan
informasi-informasi kepada peserta didik sehingga muncul pengalaman belajar
yang baru yang diharapkan berujung pada perubahan tingkah laku menjadi lebih
baik.
Nah, kawan… Hubungan dari
mengajar dan pembelajaran sudha mulai terlihat, bila tujuan dari pembelajaran
adalah mengubah sikap atau perilaku individu serta membekali individu dengna
beragam informasi baru, maka mengajar adalah salah satu fasilitas utama dalam
pencapaian tujuan pembelajaran.
Sekian dulu ya kawan,
pembahasan saya mengenai pengertian pembelajaran dan mengajar. Serta bonus
penjelasan mengenai hubungan mengajar dan pembelajaran. Semoga Bermanfaat ^^
0 komentar:
Post a Comment