A. Konsep Dasar Teori Humanistik
Ø Tujuan dari teori belajar humanistic adalah untuk
memanusiakan manusia agar mampu menjalani hidup sebenarnya.
Ø Menitikberatkan kepada individu untuk mengeluarkan
pendapat
Ø Berorientasi pada peserta didik
Ø Cakupan aspek pendidikan:
-Afektif
-Kognitif
-Psikomotor
Ø Teori humanistik memberikan sumbangan pada teori
disiplin mental
B. Karakteristik Teori Humanistik:
·
Manusia sebagai
pribadi
·
Keuletan pribadi
·
Peran kognitif
dan afektif
·
Aktualisasi diri
dan konsep diri
·
Persepsional
subjektif
·
Menentukan
bentuk tingakh laku sendiri
·
Insight
(pemahaman)
C. Prinsip Teori Belajar Humanistik
Prinsip
teori belajar humanistik mementingkan:
- Manusia sebagai pribadi
- Kebulatan pribadi
- Peranan kognitif dan afektif
- Terjadinya aktualisasi diri dan self concept
- Persepsual subjektif yang dimiliki tiap individu
- Kemampuan menentukan bentuk tingkah laku sendiri
- Insight (pengetahuan/pemahaman) (Suprayogi, 2005).
D. Tokoh-Tokoh Teori Belajar
Humanistik
- Abraham Maslow
Teori Maslow didasarkan pada asumsi bahwa di dalam
diri individu ada dua hal :
(1) suatu usaha yang positif untuk berkembang
(2) kekuatan untuk melawan atau menolak perkembangan
itu.
- Carl Sam Rogers
Kebutuhan individu ada 4 yaitu : (1) pemeliharaan,
(2) peningkatan diri, (3) penghargaan positif (positive regard) dan (4)
Penghargaan diri yang positif (positive self-regard)
- Arthur Combs
Belajar terjadi bila mempunyai arti bagi individu.
Guru tidak bisa memaksakan materi yang tidak disukai atau tidak relevan dengan
kehidupan mereka
E. Implementasi
Guru
berperan sebagai fasilitator, adapun tugas-tugas guru sebagai fasilitator
antara lain:
·
Memberikan
perhatian dan motivasi
·
Memahami
karakteristik siswa
·
Mengukur dan
menganalisa sumber belajar
·
Menyesuaikan
diri
·
Dapat memahami dirinya
agar bisa memahami siswa
·
Evaluasi secara
individual untuk mengetahui kemampuan siswa
F. Kelebihan dan Kekurangan Teori Belajar
Humanistik
Kelebihan:
·
Siswa kreatif
dan mandiri
·
Terjadinya pola
piker kea rah yang baik
·
Keberhasilan
belajar jika siswa merasa senang
·
Siswa dapat
merasa senang
·
Mempunyai banyak
pengalaman
·
Siswa dapat
mengaktualisasikan dirinya
·
Guru menerima
siswa apa adanya
Kekurangan:
·
Bersifat
individual
·
Proses belajar
tidak berhasil jika tidak ada motivasi
·
Siswa sulit
mengenali potensi
·
Keberhasilan
belajar lebih banyak ditentukan oleh siswa
·
Peran guru
semakin berkurang
G. Kesimpulan
Teori belajar humanistik adalah teori belajar yang berorientasi kepada siswa,
sementara guru hanya berperan sebagai fasilitator, yaitu hanya memfasilitasi
siswa agar bisa mengembangkan potensi yang ada pada diri mereka masing-masing.
Atau dalam tujuan teori belajar humanistik dikatakan bahwa teori ini berupaya
untuk memanusiakan manusia sehingga dapat hidup di kehidupan sebenarnya. Aspek
yang berusaha dikembangkan dalam teori belajar humanistik adalah aspek
kognitif, afektif dan psikomotor.
0 komentar:
Post a Comment