TEORI BELAJAR HUMANISTIK


A. Konsep Dasar Teori Humanistik


Ø  Tujuan dari teori belajar humanistic adalah untuk memanusiakan manusia agar mampu menjalani hidup sebenarnya.
Ø  Menitikberatkan kepada individu untuk mengeluarkan pendapat
Ø  Berorientasi pada peserta didik
Ø  Cakupan aspek pendidikan:
    -Afektif
    -Kognitif
    -Psikomotor
Ø  Teori humanistik memberikan sumbangan pada teori disiplin mental

B. Karakteristik Teori Humanistik:

·         Manusia sebagai pribadi
·         Keuletan pribadi
·         Peran kognitif dan afektif
·         Aktualisasi diri dan konsep diri
·         Persepsional subjektif
·         Menentukan bentuk tingakh laku sendiri
·         Insight (pemahaman)

C. Prinsip Teori Belajar Humanistik

Prinsip teori belajar humanistik mementingkan:
  1.      Manusia sebagai pribadi
  2.      Kebulatan pribadi
  3.      Peranan kognitif dan afektif
  4.      Terjadinya aktualisasi diri dan self concept
  5.      Persepsual subjektif yang dimiliki tiap individu
  6.      Kemampuan menentukan bentuk tingkah laku sendiri
  7.      Insight (pengetahuan/pemahaman) (Suprayogi, 2005).



D. Tokoh-Tokoh Teori Belajar Humanistik

  1.      Abraham Maslow
Teori Maslow didasarkan pada asumsi bahwa di dalam diri individu ada dua hal :
(1) suatu usaha yang positif untuk berkembang
(2) kekuatan untuk melawan atau menolak perkembangan itu.
  1.     Carl Sam Rogers
     Kebutuhan individu ada 4 yaitu : (1) pemeliharaan, (2) peningkatan diri, (3) penghargaan positif (positive regard) dan (4) Penghargaan diri yang positif (positive self-regard) 
  1.      Arthur Combs
    Belajar terjadi bila mempunyai arti bagi individu. Guru tidak bisa memaksakan materi yang tidak disukai atau tidak relevan dengan kehidupan mereka

E. Implementasi

Guru berperan sebagai fasilitator, adapun tugas-tugas guru sebagai fasilitator antara lain:
·         Memberikan perhatian dan motivasi
·         Memahami karakteristik siswa
·         Mengukur dan menganalisa sumber belajar
·         Menyesuaikan diri
·         Dapat memahami dirinya agar bisa memahami siswa
·         Evaluasi secara individual untuk mengetahui kemampuan siswa

F. Kelebihan dan Kekurangan Teori Belajar Humanistik

Kelebihan:
·         Siswa kreatif dan mandiri
·         Terjadinya pola piker kea rah yang baik
·         Keberhasilan belajar jika siswa merasa senang
·         Siswa dapat merasa senang
·         Mempunyai banyak pengalaman
·         Siswa dapat mengaktualisasikan dirinya
·         Guru menerima siswa apa adanya

Kekurangan:
·         Bersifat individual
·         Proses belajar tidak berhasil jika tidak ada motivasi
·         Siswa sulit mengenali potensi
·         Keberhasilan belajar lebih banyak ditentukan oleh siswa
·         Peran guru semakin berkurang

G. Kesimpulan
  
     Teori belajar humanistik adalah teori belajar yang berorientasi kepada siswa, sementara guru hanya berperan sebagai fasilitator, yaitu hanya memfasilitasi siswa agar bisa mengembangkan potensi yang ada pada diri mereka masing-masing. Atau dalam tujuan teori belajar humanistik dikatakan bahwa teori ini berupaya untuk memanusiakan manusia sehingga dapat hidup di kehidupan sebenarnya. Aspek yang berusaha dikembangkan dalam teori belajar humanistik adalah aspek kognitif, afektif dan psikomotor.

0 komentar:

Post a Comment

What do you think about this blog?