Resume: Prinsip-Prinsip Pembelajaran

Sebelum kita membahas mengenai prinsip-prinsip pembelajaran, ada baiknya kita memahami dulu apakah pembelajaran itu. Pengertian pembelajaran menurut UU No.22 adalah:
Proses Interaksi peserta didik, pendidik dan sumber belajar dalam satu lingkungan.
Mari kita analisis komponen-komponen yang membentuk pembelajaran, komponen-komponen tersebut adalah:
Ø  Interaksi
Ø  Peserta didik
Ø  Pendidik
Ø  Sumber Belajar
Ø  Lingkungan
Nah, apabila salah satu komponen tersebut tidak ada, maka tidak bisa dinamakan pembelajaran.
Sekarang masuk ke materi prinsip-prinsip pembelajaran. Sebelum itu, kita intip dulu sebenarnya apa definisi dari prinsip sendiri. Berdasarkan KBBI, prinsip adalah kebenaran yang menjadi dasar pokok berfikir. Maka apapun yang dijadikan sebagai dasar pokok berfikir adalah prinsip.

Lebih sederhananya prinsip adalah ketentuan/ kaidah yang sifatnya mengikat.
Sekarang baru kita bisa langsung membahas prinsip-prinsip dalam belajar…

Prinsip Belajar:
1.      Belajar itu merupakan bagian dari perkembangan
2.      Proses belajar berlangsung seumur hidup
3.      Keberhasilan belajar ditentukan oleh factor bawaan, lingkungan, kematangan, dan usaha tiap orang.
4.      Belajar mencakup semua aspek kehidupan
5.      Kegiatan belajar berlangsung pada setiap tempat dan waktu
6.      Belajar berlangsung dengan atau tanpa guru
7.      Belajar membutuhkan motivasi
8.      Perbuatan belajar bervariasi dari yang sederhana sampai yang kompleks
9.      Saat proses belajar terjadi adanya hambatan-hambatan
10.  Dalam kegiatan belajar dibuthkan bantuan / bimbingan orang lain

Itu adalah prinsip-prinsip belajar, sekarang kita sambung dengan Empat Pilar Belajar. Yaitu:
·         Belajar Mengetahui (Learn to Know)
·         Belajar Berkarya (Learn to Do)
·         Belajar Hidup Bersama (Learn to Live Together)
·         Belajar Berkembang Utuh (Learn to be)

Belajar Mengetahui atau learn to know maksudnya ketika kita belum mengerti atau belum tahu sesuatu maka kita bisa belajar sehingga kita bisa menambah pengetahuan kita.

Belajar berkarya atau learn to do maksudnya kita belajar salah satu tujuannya adalah untuk menambah atau mengasah kecakapan/keterampilan kita sehingga bisa berguna bagi kehidupan kita.

Belajar untuk hidup bersama atau learn to live together maksudnya manusia sebagai mahluk sosial tidak akan bisa hidup sendiri, kita pasti akan membutuhkan orang lain untuk membantu kita dalam menjalani kehidupan di dunia, sehingga salah satu tujuan belajar adalah agar manusia mampu untuk hidup bersama dengan manusia yang lainnya.

Belajar untuk berkembang secara utuh atau learn to be maksudnya belajar adalah salah satu sarana untuk bisa mengembangkan karakter seorang manusia secara utuh.

Adapun beberapa peran dari seorang guru/pendidik adalah:

1.      Instructional expert (Pengajar yang ahli)
2.      Manager (Mengelola)
3.      Leader (Pemimpin)
4.      Counsellor (Penasihat)
5.      Environtmental engineer (Perekayasa Lingkungan untuk mempermudah siswa belajar)


5 Varieties of Learning by (Gagne & Briggs)
Learning Capability

Performance

        1.      Verbal Information

Stating Information

        2.      Attitudes

Choosing to behave in particular way

        3.      Intelectual Skills

Using concept and rules to solve problems, responding to classes of stimuli as distinct from recalling specific examples

        4.      Motor Skills

Executing bodily movements smoothy and in proper sequence

        5.      Cognitive Strategy

Originating novel solutions to problems; utilizing various means for controlling one’s thinking / learning provcessis


Dari table diatas, kolom no 1 menunjukkan sebuah pembelajaran yang paling sederhana, dan tingkatannya semakin kebawah semakin kompleks.

0 komentar:

Post a Comment

What do you think about this blog?