Sebelum kita membahas
mengenai prinsip-prinsip pembelajaran, ada baiknya kita memahami dulu apakah
pembelajaran itu. Pengertian pembelajaran menurut UU No.22 adalah:
Proses Interaksi peserta didik, pendidik dan
sumber belajar dalam satu lingkungan.
Mari kita analisis
komponen-komponen yang membentuk pembelajaran, komponen-komponen tersebut
adalah:
Ø Interaksi
Ø Peserta didik
Ø Pendidik
Ø Sumber Belajar
Ø Lingkungan
Nah, apabila salah
satu komponen tersebut tidak ada, maka tidak bisa dinamakan pembelajaran.
Sekarang masuk ke
materi prinsip-prinsip pembelajaran. Sebelum itu, kita intip dulu sebenarnya
apa definisi dari prinsip sendiri. Berdasarkan KBBI, prinsip adalah kebenaran
yang menjadi dasar pokok berfikir. Maka apapun yang dijadikan sebagai dasar
pokok berfikir adalah prinsip.
Lebih sederhananya
prinsip adalah ketentuan/ kaidah yang sifatnya mengikat.
Sekarang baru kita
bisa langsung membahas prinsip-prinsip dalam belajar…
Prinsip Belajar:
1. Belajar itu merupakan bagian dari perkembangan
2. Proses belajar berlangsung seumur hidup
3. Keberhasilan belajar ditentukan oleh factor
bawaan, lingkungan, kematangan, dan usaha tiap orang.
4. Belajar mencakup semua aspek kehidupan
5. Kegiatan belajar berlangsung pada setiap tempat
dan waktu
6. Belajar berlangsung dengan atau tanpa guru
7. Belajar membutuhkan motivasi
8. Perbuatan belajar bervariasi dari yang
sederhana sampai yang kompleks
9. Saat proses belajar terjadi adanya
hambatan-hambatan
10. Dalam kegiatan belajar dibuthkan bantuan /
bimbingan orang lain
Itu adalah prinsip-prinsip
belajar, sekarang kita sambung dengan Empat Pilar Belajar. Yaitu:
·
Belajar
Mengetahui (Learn to Know)
·
Belajar
Berkarya (Learn to Do)
·
Belajar
Hidup Bersama (Learn to Live Together)
·
Belajar
Berkembang Utuh (Learn to be)
Belajar Mengetahui
atau learn to know maksudnya ketika kita belum mengerti atau belum tahu sesuatu
maka kita bisa belajar sehingga kita bisa menambah pengetahuan kita.
Belajar berkarya atau
learn to do maksudnya kita belajar salah satu tujuannya adalah untuk menambah
atau mengasah kecakapan/keterampilan kita sehingga bisa berguna bagi kehidupan
kita.
Belajar untuk hidup bersama
atau learn to live together maksudnya manusia sebagai mahluk sosial tidak akan
bisa hidup sendiri, kita pasti akan membutuhkan orang lain untuk membantu kita
dalam menjalani kehidupan di dunia, sehingga salah satu tujuan belajar adalah
agar manusia mampu untuk hidup bersama dengan manusia yang lainnya.
Belajar untuk
berkembang secara utuh atau learn to be maksudnya belajar adalah salah satu
sarana untuk bisa mengembangkan karakter seorang manusia secara utuh.
Adapun beberapa peran
dari seorang guru/pendidik adalah:
1. Instructional expert (Pengajar yang ahli)
2. Manager (Mengelola)
3. Leader (Pemimpin)
4. Counsellor (Penasihat)
5. Environtmental engineer (Perekayasa Lingkungan
untuk mempermudah siswa belajar)
5 Varieties of
Learning by (Gagne & Briggs)
Learning Capability
|
Performance
|
1. Verbal Information
|
Stating
Information
|
2. Attitudes
|
Choosing to behave
in particular way
|
3. Intelectual Skills
|
Using concept and
rules to solve problems, responding to classes of stimuli as distinct from
recalling specific examples
|
4. Motor Skills
|
Executing bodily
movements smoothy and in proper sequence
|
5. Cognitive Strategy
|
Originating novel
solutions to problems; utilizing various means for controlling one’s thinking
/ learning provcessis
|
Dari table diatas,
kolom no 1 menunjukkan sebuah pembelajaran yang paling sederhana, dan
tingkatannya semakin kebawah semakin kompleks.
0 komentar:
Post a Comment